Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pakpak Bharat

Sipela KNPB
(Sistem Informasi Pelayanan KNPB)

Cek Status

Intensifikasi Penagihan Tunggakan KNPB

  Admin      24 Aug 2018 23:21:44 WIB      296


Dana Bergulir Kredit Nduma Pakpak Bharat (KNPB) merupakan Program Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam bentuk perkuatan permodalan bagi usaha mikro kecil di Kabupaten Pakpak Bharat. KNPB sangat bermanfaat bagi pelaku usaha mikro kecil dalam mengembangkan usahanya dimana KNPB merupakan kredit dengan bunga 0% dengan angsuran per semester. Namun dalam proses peyaluran KNPB kepada masyarakat, masih banyak ditemukan tunggakan angsuran oleh peminjam KNPB yang mana hal ini dapat mempengaruhi peyaluran kredit kepada calon peminjam baru karena KNPB bersifat dana bergulir.

Untuk mempercepat penarikan tunggakan angsuran KNPB, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Koperasi UMKM bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Dairi selaku kuasa hukum pemerintah, melakukan Intensifikasi Penagihan Tunggakan KNPB. Kegiatan ini merupakan lanjutan kerjasama pada tahun sebelumnya yang juga telah dilaksanakan di Kabupaten Pakpak Bharat.

Intensifikasi Penagihan Tunggakan KNPB  tahun 2018 telah dilaksanakan di Kecamatan Salak pada tanggal 15 Agustus 2018 dan di Kecamatan STTU Jehe pada tanggal 24 Agustus 2018, juga akan dilaksanakan di 6 Kecamatan lainnya. Dalam Intensifikasi Penagihan Tunggakan KNPB ini, para penunggak di undang hadir pada pertemuan di Kantor Kecamatan untuk menindakanjuti pembayaran angsuran KNPB yang tertunggak. Para penunggak KNPB diharapkan memiliki itikad baik untuk menyelesaikan tunggakannya. Beberapa penunggak KNPB melakukan pembayaran tunggakannya dan juga membuat negosiasi pembayaran tunggakannya pada batas  waktu yang telah ditentukan.

Intensifikasi Penagihan Tunggakan KNPB ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat peminjan bahwa KNPB merupakan dana yang bersifat pinjaman atau kredit. Dana tersebut harus dibayarkan kembali dalam rangka pengembalian uang negara. Tunggakan angsuran KNPB yang disebakan kelalaian peminjam KNPB dapat dikategorikan pelanggaran terhadap aturan kententuan maupun perjanjian yang telah disepakati.


informasi Populer


Peluncuran Aplikasi Sipela KNPB

  Admin      10 Aug 2018 21:43:28 WIB      607


Intensifikasi Penagihan Tunggakan KNPB

  Admin      24 Aug 2018 23:21:44 WIB      296


Kunjungan Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Kabupaten Nias

  Admin      21 Mar 2019 13:01:49 WIB      157


Pemberhentian Sementara Penyaluran Kredit Nduma Pakpak Bharat (KNPB)

  Admin      06 Mar 2019 09:54:31 WIB      141


Copyright © 2018-2019 Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pakpak Bharat